Sistem Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing (MEP) Dalam Bangunan

Sebuah bangunan atau gedung membutuhkan 3 elemen utama yang terdiri dari Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing atau dalam dunia Perusahaan Kontraktor Bangunan biasa disebut dengan istilah MEP.

MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing) lebih kepada fungsi pemanfaatan dan prasarana dari sebuah bangunanan. Struktur semahal apapun seindah apapun warnanya kalau tidak bisa digunakan  untuk kebutuhan penggunanya tidak bisa dipakai. Misalkan hotel pencakar langit, kalau didalamnya tidak ada lampu dan liftnya atau bahkan tidak ada pembuangan kamar mandinya, maka hotel itu hanya seonggok bangunan tanpa bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Dalam kata lain MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing) seperti syaraf, nadi dan otot-otot di dalam tubuh manusia, sehingga sempurnalah fungsi-fungsi sebagai makluk hidup. Dari sini bisa dibayangkan 3 unsur ini menjadi pilar utama untuk struktur sebuah bangunan yang saling terkat. Jadi seorang ketika hendak mendirikan gedung bangunan harus bisa memperhitungkan MEP tersebut, apalagi saat menggunakan Jasa Kontraktor Elektrikal Mekanikal, Atau Kontraktor Plumbing Jasa Instalasi Pipa.

Apa itu MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing) Dalam Bangunan

Berikut ini sedikit penjelasan rangkaian kerja dari MEP:

  1. Sistem Mekanikal
    Mekanikal berasal dari kata mekanik yang mempunyai arti sistem kerja mesin/motor. Dalam sebuah gedung akan terdapat mesin-mesin kecil dan berat yang difungsikan sedemikian rupa untuk menunjang efektifitas dalam fungsi gedung. Pekerjaan mekanikal ini diantaranya adalah lift, escalator, AC, pemadam kebakaran dll.
  2. Sistem Elektrikal
    Elektrikal berasal dari kata elektrik yang mempunyai arti sistem kelistrikan. Disamping sistem mekanikal, ada sistem yang sangat penting yaitu sistem elektrikal dimana pekerjaan ini meliputi instalasi pemasangan listrik, grounding listrik, instalasi jaringan komputer, instalasi jaringan telpon dan internet, CCTV, genjet cadangan listrik dll. Pada perencanaan sistem instalasi listrik pada suatu bangunan haruslah mengacu pada peraturan dan ketentuan yang berlaku sesuai dengan PUIL 2000 dan undang – undang ketenagalistrikan tahun 2002. Pada gedung bertingkat biasanya membutuhkan energi listrik yang cukup besar, oleh karena itu pendistribusian energi listrik harus diperhitungkan sebaik mungkin agar energi listrik dapat terpenuhi dengan baik
  3. Sistem Plumbing
    Plumbing adalah sistem intalasi pemasangan pipa yang meliputi saluran pembuangan kamar mandi dan wc, air hujan, instalasi pipa air, instalasi pipa gas.

Jangan Sembarangan Memakai Jasa Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing

Karena sangat pentingnya 3 elemen MEP diatas, maka bagi Anda yang ingin mendirikan gedung bangunan jangan sembarangan dan ngasal saat memasang sistem mekanikal, elektrikal dan plumbing. Apalagi gedung itu digunakan oleh banyak orang, karena ini menyangkut safety dan keamanan pengguna.

Maka konsultasikan kebutuhan Jasa Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing pada ahlinya.

PT ZAIN PRIMA PERSADA – Jasa Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing

Mengerjakan instalasi listrik, mekanikal dan plumbing dengan tenaga ahli dan berpangalaman. KONSULTASI GRATIS