Sistem Plumbing Gedung Bangunan

Plumbing sendiri diambil dari serapan bahasa inggris dari kata Plumb yaitu aktivitas pekerja yang menjalankan suplay air melaui pipa-pipa. Namun seiring kemajuan dunia kontruksi, istilah plumbing akhir menjadi term khusus dalam ilmu teknik bangunan.

Untuk seorang desainer, arsitek, tukang kayu, tukang bangunan istilah plumbing digunakan untuk kata kerja untuk menegakkan dan meluruskan sebuah objek bangunan. Namun plumbing untuk sebagian kontraktor bangunan adalah mengembalikan istilah menurut kata dasarnya Plumb yang artinya sistem perpipaan.

Jadi plumbing adalah sistem pipa yang mengelola jalannya air pada sebuah gedung baik untuk distribusi dan pembuangan. Metode instalasi sistem plumbing suatu hal yang wajib diketahui seorang kontraktor dan pemilik bangunan, karena plumbing merupakan salah satu unsur terpenting dalam sebuah bangunan. Pemasangan plumbing perlu dilakukan secara sistematis dan cermat agar kebutuhan penghuni bangunan atas air dapat terpenuhi dengan baik secara kontin

Fungsi Sistem Plumbing

Sebagaimana dijelaskan diawal, sebuah bangunan akan sempurna jika ada sistem plumbingnya. Dimana plumbing untuk bangunan berfungsi:

1. Distribusi air bersih untuk kebutuhan penggunaaan
2. Pembuangan limbah akhir
3. Memisahkan air bersih dan air buangan
4. Mengatur sistem udara dan AC
5. Merapikan bentuk bangunan dan agar terhindar dari gangguan air yang berlebih dan kotor.
6. Melindungi dari guyuran air hujan.

Sistem Plumbing Bangunan Bertingkat

Dasar sistem plumbing dimanapun sama saja, namun untuk gedung bertingkat ada perlakuan khusus dibanding dengan gedung-gedung standar. Karena gedung bertingkat mempunyai resiko dan pembiayaan yang tinggi untuk membuat sistem plumbing. Apalagi pendistribusian dan transfer turun naiknya air harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Dan juga perlunya pengadaan barang untuk plumbing dari kuantitas panjangnya Pipa, Katup, Penyaringan, Tangki dst.

Buat Perencanaan Sistem Plumbing dengan Cermat

Pembuatan sistem plumbing akan menyesuaikan dengan kontur bangunan, memetakan denah gedung akan mempermudah membuat titik-titik jalur plumbing.

Disamping itu perhatikan saat menentukan jenis pipa yang sesuai dengan kondisi bangunan, agar plumbing savety dan tahan lama.

Nah, sudahkah Perusahaan Anda merencanakan sistem plumbing bangunan?