Jasa sewa kontraktor terbaik — Tak ada salahnya mengetahui hal-hal dasar sebelum menggunakan jasa sewa kontraktor. Misalnya, apa itu Mechanical, Electrical, dan Plumbing (MEP) dalam dunia konstruksi?

Mengenali dan memahami hal-hal dasar ini akan menambah wawasan Anda. Sekaligus pula, mengurangi risiko Anda ditipu oleh penyedia jasa yang kurang cakap karena berpikir Anda mudah dibodoh-bodohi. Luangkan sejenak waktu Anda untuk memahami hal sederhana berikut.

 

Mechanical, Electrical, dan Plumbing (MEP) Saling Berkaitan

Meski sekilas terlihat berbeda, sesungguhnya tiga hal ini saling berkaitan. MEP adalah bidang yang sangat memerlukan koordinasi sehingga amat menguras fisik dan mental. Apabila satu divisi lalai mengerjakan tugasnya, yang lain pun jadi keteteran.

Secara umum, inilah tiga definisi dan hal-hal pengerjaan yang meliputi MEP.

 

1) Pekerjaan Elektrikal

Pekerjaan elektrikal atau yang juga disebut pekerjaan arus kuat amat eratdengan instalasi listrik. Yang termasuk pekerjaan elektrikal adalah panel TM & Transformer (panel tegangan menengah, PUTM), panel listrik tegangan rendah (PUTR), panel distribution box (IDP/SDP/SSDP), kabel daya dan instalasi penerangan, armatur lampu penerangan, saklar, stop kontak dan key tag, instalaso stop kontak, grounding elektrikal dan elektronik, dan sistem penangkal petir.

Sementara itu, Pekerjaan elektronik (arus lemah) adalah pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi sistem-sistem yang bersifat praktis dan sederhana seperti fire alarm system, sistem tata suara, sistem telepon, sistem data (software dan hardware), sistem cctv, dan sistem MATV.

2) Pekerjaan Mekanikal

Pekerjaan Mekanikal adalah pekerjaan yang berhubungan dengan alat mesin besar seperti Lift dan ekskalator. Hal ini tak bisa dikerjakan sembarangan, sebab taruhannya adalah keamanan dan kestabilan gedung.
Maka, untuk menjamin keamanan dan keindahannya ada baiknya Anda menyewa jasa kontraktor profesional yang dipercaya untuk menangani gedung Anda sebaik mungkin.

 

3) Plumbing atau Pemipaan

Plumbing adalah pekerjaan pemipaan yang terdapat pada bangunan gedung seperti: pipa untuk air bersih, air kotor, pipa ventilasi, dan air hujan. Pada pekerjaan pemipaan ini biasanya menggunakan material pipa PVC, pipa PPR, atau pipa galvanis. Untuk air bersih dan air panas/dingin biasanya menggunakan pipa PPR.

 

Contoh Implementasi Mechanical, Elektrical, Plumbing (MEP)

Bersinergi, MEP akan menciptakan rangkaian-rangkaian canggih yang amat berguna bagi kehidupan Anda.
Contohnya adalah Pemadam Kebakaran/Fire Hydrant. Inilah pekerjaan MEP yang masih berhubungan dengan pemipaan air khususnya untuk keperluan pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran. Jenis pekerjaan ini biasanya menggunakan pipa besi SCH 40 untuk mengalirkan air. Seperti pipa untuk mainline, cabang dan dropper bagi sprinkler.

Sistem dari pekerjaan pemadam kebakaran pada bangunan besar biasanya berkolaborasi dengan pekerjaan elektrikal terutama Fire Alarm. Contohnya pemasangan modul interface (detektor) Fire Alarm yang khusus untuk flow-switch control pada pipa cabang atau main-line sprinkler.

Jadi, tidak bingung lagi apa itu MEP dan diferensiasinya, bukan?