Ada 2 jenis cara penyambungan pipa pvc, yaitu penyambungan pipa PVC RRJ dan lem , keduanya memiliki teknik pemasangan yang berbeda satu dengan yang lain.

Penyambungan pipa PVC RRJ atau dengan menggunakan gelang karet (rubber ring joint) memiliki teknik penyambungan tanpa lem dan mesin penyambung, cara ini biasa dilakukan dengan menggunakan gelang karet sebagai alat untuk mengunci sambungan.

adapun cara penyambungan pipa RRJ sangatlah mudah dan sederhana, hanya dengan memasukan gelang karet pada bagian pipa yang tersedia dan dorong bagan spigot hingga mentok. untuk mempermudah proses biasanya memakai lubrikan/minyak pelumas sebagai bahan pelicin.

Cara penyambungan pipa ini biasanya digunakan dengan ukuran diameter yang besar, karena besarnya diameter membuat proses penyambungan memerlukan waktu yang agak lama sehingga jika menggunakan lem akan cepat kering.

penyambungan pipa RRJ tidak bisa dilakukan pada semua jenis pipa, penyambungan ini hanya dapat dilakukan pada pipa type RRJ.

Metode lain yang biasa digunakan untuk penyambungan pipa pvc adalah pengeleman /Solvent cement. metode ini dilakukan dengan metode persenyawaan sempurna sehingga pipa merekat dengan sempurna.