Pentingnya Instalasi Pengolahan Air Limbah untuk Rumah Sakit dan Medis

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) tidak hanya untuk pabrik dan industri saja, tapi Rumah Sakit dan Medis juga sangat membutuhkannya. Kita tahu IPAL merupakan alat berteknologi yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi agar tidak merusak ekosistem lingkungan sekitarnya. Jika ada IPAL yang terpasang baik Industri maupun Rumah Sakit, maka bisa dipastikan akan merugikan masyarakat sekitarnya.

Pada tiap tempat dimana orang berkumpul dan berkomunitas tentu akan menghasilkan pembuangan. Bahkan RS pun akan menghasilkan limbah komunal dan rumah tangga. Hanya saja Limbah Rumah Sakit berbeda karena dengan limbah industri atapun rumah tangga karena kandungan mikrobiologi yang berasal dari bagian penyakit menular secamam TBC dll, cairan kimia, bahan-bahan radioaktif dll

Sedikit mengulas tentang IPAL Rumah Sakit, khususnya bagi sebuah rumah sakit, dapat dilihat dari Regulasi atau peraturan yang ada, yang diantaranya adalah Undang-undang 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, PP No.82/2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, UU 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit yaitu pada bagian ke empat pasal 11, Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 58 Th 1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair Bagi Kegiatan Rumah Sakit, Permenkes RI NOMOR 340/MENKES/PER/III/2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit, PP 18/1999 Tentang : Pengelolaan Limbah B3 dimana pada Pasal 3 berbunyi “Setiap orang yang melakukan usaha dan/ atau kegiatan yang menghasilkan limbah B3 dilarang membuang limbah yang dihasilkannya itu secara langsung ke dalam media lingkungan hidup tanpa pengelolaan terlebih dahulu”. [Mengutip dari Koranbantencom]

Untuk itu pentingnya Rumah Sakit Membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah secara baik karena limbah cair rumah sakit berasal dari sesuatu yg mengandung mikro-organisme, bahan kimia beracun dan radio aktif. Sumber limbah Rumah Sakit ini kebanyakan berasal dari Ruang rawat inap, ruang rawat jalan, unit gawat darurat, dan Ruang haemodialisis, Lab, Farmasi, Administrasi dan kantor dll

Bila bahan-bahan yang terkontaminasi seperti bedpen, dressing, tidak ditangani dengan baik selama proses pengumpulan maka juga akan dapat menjadi kontaminasi ruangan secara langsung atau melalui aerosol. Demikian juga, percikan dari penyiraman toilet,dapat mencemari lantai dan dinding, yang kemudian melalui penguapan akan terbawa masuk ke dalam udara ruangan maka air limbah dari rumah sakit sangat disarankan untuk diolah sebelum dibuang ke badan air.

Yang Perlu Anda Tahu Tentang Limbah Rumah Sakit

Limbah RS ada 2 yaitu limbah cair dan limbah padat. Penanganannyapun tidak sama, limbah padat bisa dengan cara pembakaran dengan suhu tinggi (inaktisai) sehingga menjadi abu, bisa juga dengan cara dipadatkan ulang. Berbeda dengan limbah cair maka penangannnya dengan membuat Instalasi Pengolahan Limbah – IPAL Rumah sakit.

Untuk limbah cair ini harus dengan penangangan khusus karena akan berimbas pada sistem tanah dan air sekitarnya. PT. Zain Prima Persada salah satu core bisnis bergerakan pada Perusahaan Instalasi Pengolahan Air Limbah siap membantu kebutuhan rumah sakit dan labotarium Anda.

Sebagaimana Anda ketahui, limbah buangan rumah sakit ini mengandung mikrooganisme berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit menular yang dihasilkan oleh sebagian pasien-pasien yang datang silih berganti dengan berbagai macam penyakit.

Tidak hanya itu zat kimia medis tidak hanya dapat mencemari air, melainkan juga merusak tanah, lingkungan sekitar, dan menyebabkan gangguan kesehatan. Namun, dengan menerapkan Instalasi Pengolahan Air Limbah, risiko tersebut dapat diminimalisasi.

PT ZAIN PRIMA PERSADA – Perusahaan Instalasi Pengolahan Air Limbah

Mengerjakan instalasi air dan limbah untuk industri, pabrik, rumah sakit, medis dan instansi lainnya. Dengan tenaga ahli bersertifikasi dan berpengalaman. KONSULTASI GRATIS