Peluang Jargas (Jaringan Gas) Rumah Tangga dan Tantangannya

Pada tahun 2019 presiden telah mengeluarkan peraturan No.6/2019 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi melalui Jaringan Transmisi dan/atau Distribusi Gas Bumi untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil (Jargas). Namun ketika memasuki tahun 2020 pandemi corona melanda dunia dan Indonesia termasuk yang terkena imbasnya.

Padahal Pemerintah memiliki target untuk membangun 4 juta SR jargas pada 2024. Kebutuhan dana untuk merealisasikan target tersebut diperkirakan mencapai Rp 38,4 triliun.

jargas jaringan gas rurmah tangga

Sumber: katadata.co.id

Namun akhir tahun 2020, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pemerintah berencana membangun jaringan gas bumi untuk rumah tangga (jargas) pada tahun 2021 sebanyak 120.776 sambungan rumah (SR) yang tersebar di 21 kabupaten/kota.

Pemerintah memiliki target untuk membangun 4 juta SR jargas pada 2024. Kebutuhan dana untuk merealisasikan target tersebut diperkirakan mencapai Rp 38,4 triliun.

Kelebihan dan Tantangan Proyek Jargas

Jargas sendiri diprediksi akan menggantikan posisi gas LPG yang beredar di masyarakat saat ini. Sehingga masyaraat tidak perlu repot-repot membeli tabung gas yang setiap habis harus mencari gas lagi. Dan ini sangat menghemat ekonomi masyarakat. Belum lagi gas tabung sering menyebabkan ledakan yang membahayakan masyarkat.

Jargas lebih aman dan ekonomis. Emisi yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

Namun tantangan dari jargas sendiri masih minimnya Stakholder untuk membangun saluran pipa gas (jargas). Lebih-lebih tantangan lingkungan saat pembukaan crossing pipa yang melewati jaringan lain semisal rel kereta, bangunan, sungai dan jembatan. Apalagi harus menempatkan sub regulator sektor untuk memantau regulasi penyaluran jargas ke masyarakat.

Pembangun jargas sendiri hanya mampu dijangkau di kota-kota besar, dan itupun tantangannya yang rumit karena harus menghadapi utilitas perkotaaan. Namun jika jargas ini sudah menyebar ke masyakarat Indonesia maka ini adalah peluang terbaik untuk kontraktor pemasangan pipa gas.

Semoga bermanfaat.

Diolah dari berbagai sumber.