Jasa Pemasangan Pipa Jakarta

Mencari Jasa Pemasangan Pipa – Mengerjakan instalasi pipa gas sesuai dengan standar yang digunakan baik biasanya menggunakan standar ASME B31.3 (Standard Process Piping) atau standard ASME B31.8 (Gas Transmission and Distribution Piping System). Pada umumnya pekerjaan instalasi pipa gas adalah sebagai berikut:

1. Pengelasan Pipa Gas
Pengelasan harus sesuai dengan API Standard 1104, “Standard for welding Pipelines and Related Facilities”, pengelasan harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengelasan (WPS) yang sudah disetujui dan semua tukang las harus mempunyai sertifikat MIGAS yang berlaku dan atau harus lulus dalam pengujian kualifikasi seperti yang diterangkan pada API 1104. kualitas dari kualifikasi las harus ditentukan dengan pengujian merusak (Destructive test).

2. Non Destructive Test (NDT)
Semua las join harus dicek dengan metode Non Destructive Test (NDT) termasuk Radiography Test atau Penetrant Test atau juga Ultrasonic Test. Test awal dari hasil pengelasan adalah berupa visual examination. Seluruh hasil pengelasan harus bersih dan bebas dari retak, penetrasi yang cukup dan bebas dari cacat lainnya

3. Coating dan Wrapping
Apabila proses NDT telah selesai dan disetujui maka pekerjaan instalasi pipa gas dapat dilanjutkan dengan coating dan wrapping. Seluruh pipa harus dibersihkan secara mekanis menggunakan mesin pembersih bersikat kawat (brushing machine). Seluruh permukaan harus bersih dari kotoran dan karat-karat yang ada.

4. Holiday Test
Pipa yang sudah dicoating dan di wrapping harus diuji dengan holiday detector sebelum pipa diturunkan ke dalam saluran. Pipa yang telah dicoating dan diwrapping harus segera diturunkan ke dalam tanah untuk mencegah kerusakan akibat matahari maupun hujan.

5. Road Crossing
Metode kerja yang digunakan pada road crossing/perlintasan jalan raya harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Jika situasi memungkinkan digunakan metode open cut selama tidak mengganggu aktifitas jalan tersebut. Penimbunan galian road crossing dengan cara open cut harus memenuhi standard konstruksi yang disyaratkan instansi berwenang. Tetapi jika aktifitas jalan sangat padat maka diharuskan menggunakan metode manual boring ataupun auger boring.

7. Proteksi Katodik
Proteksi Katodik adalah teknik untuk mengurangi laju korosi pada suatu permukaan logam dengan cara membuat permukaan tersebut menjadi katoda dalam sel elektrokimia. Desain Proteksi Katodik untuk perpipaan gas bisa berupa sistem Anoda Korban atau Arus Tanding.

8. Hydrotest
Pipa gas diuji secara Hidrostatik dengan tujuan untuk melihat kekuatan pipa dan menguji kebocoran. Pengujian Hidrostatik meliputi pembersihan bagian dalam pipa, mengisi jalur pipa dengan air, menguji dengan tekanan uji dan mencatat data pengujian.

HUBUNGI KAMI
Telp : +62 21 2974 7604
Mobile : +62 817-4931-099
Email : info@zainprima.id