Kami Perusahaan Kontraktor Jasa Instalasi Pipa Gas dan Air Untuk Pabrik, Hotel, Mall dan Restoran Berpengalaman

Pengerjaan Instalasi Pipeline Pipa Gas dan Air untuk segala kebutuhan Anda.

Fokus perusahaan kami adalah pada desain dan pemasangan sistem gas untuk komersial &industri, baik pipa air,gas dan semua jenis pipa bertekanan. Selain itu kami menyediakan peralatan – peralatan yang terbaik bagi kebutuhan para pelanggan.

Kami melakukan prosedur yang sangat ketat agar hasil pipeline dari instalasi pemasangan pipa gas dan air ini kuat dan tahan lama. Namun dengan pengerjaan akurat dan cepat. Metode minimum yang diharapkan untuk pelaksanaan Quality Control (QC) dan Quality Assurance (QA) dalam pembangunan fasilitas pipa.

Lingkup Pekerjaan Pipelines Instalasi Pipa Gas dan Air

Adapun lingkup pekerjaan instalasi pipa gas dan air tergantung kebutuhan instansi/pabrik. Namun secara umum tahapan pipeline pipa gas dan air meliputi tahap-tahap sebagai berikut.:

1. Persiapan. Tahap persiapan yang harus dilakukan pertama kali adalah survey lapangan. Dari survey lapangan itu akan menghasilkan banyak hal, diantaranya:

  • Mengetahui rute jalur pipa gas/air
  • Teknik crossing setiap tempat untuk menjadi acuan kerja pemasangan pipa.
  • Perizinan ke pihak tekait dalam eksekusi pengerjaan instalasi pipa.
  • dll

 2. Pembersihan, perataan dan penggalian jalur pipa. Pada tahapan ini biasanya dalam proyek skala besar sangat diperlukan setelah selesai masa persiapan. Pembersihan dan perataan dilakukan hanya pada area Right of Way dan tidak mengganggu instalasi-instalasi yang sudah ada. Kontraktor harus bertanggung jawab terhadap semua kerusakan di luar ROW yang diakibatkan oleh pekerjaan konstruksi.

Persiapan pada daerah ROW telah termasuk menebang pohon, semak-semak, tunggul pohon dan penghalang lainnya, termasuk menyiangi, juga membongkar penghalang yang ada di sepanjang jalur pipa.

3. Pembongkaran, penumpukan dan Stringing. Kontraktor harus menyediakan lokasi yang baik dan memadai untuk menumpuk pipa dan material lainnya.

4. Bending. Kontraktor dapat menggunakan field bend maupun fabricated bend seperlunya. Semua field bend harus dibuat tanpa menggunakan pemanasan (heat process) dan harus memakai mesin bending yang disetujui dengan ukuran atau dimensi yang benar.

5. Pengelasan pipa. Semua pengelasan harus sesuai dengan API Standard 1104, “Standard for welding Pipelines and Related Facilities”, edisi terakhir. Sebelum pengelasan dimulai, kontraktor harus membuat prosedur (WPS) dan disetujui oleh pihak terkait.

6. Non destructive Test / Radiography

7. Coating dan Wrapping. Untuk lebih lanjut bisa Anda baca para artikel kami: River Crossing Saat Instalasi dan Pemasangan Pipa Gas Atau Pipa Air

8. Holiday testing. Pipa yang sudah di coating dan di wrapping harus diuji dengan holiday detector sebelum pipa diturunkan ke dalam saluran.

9. Penurunan pipa ke dalam saluran.

10. Pengurugan.

11. Pembersihan ROW

12. Pemasangan pipa di Road Crossing dan Railway Crossing

13. Pemasangan pipa di River Crossing. Metode kerja yang digunakan dalam road crossing harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Apabila situasi memungkinkan dapat digunakan metode open cut selama tidak mengganggu aktifitas jalan tersebut. Penimbunan galian road crossing dengan cara open cut harus memenuhi standard konstruksi yang disyaratkan instansi berwenang.

14. Hydrotest

15. Dewatering, Cleaning, dan Pigging. Setelah test hydrostatic selesai dan disetujui, pipeline harus dibersihkan dan dikeringkan hingga tidak ada air yang berada di dalam pipa terutama di tempat terendah (lowest point) pada pipeline. Disamping itu, pembersihan dilakukan untuk menjamin permukaan dalam pipa bersih dari kotoran. Apabila memungkinkan, pipa dapat dibersihkan dengan meluncurkan cleaning pig dan gauging pig. Cleaning dan pigging dapat dilakukan bersamaan tergantung kondisi. Untuk hasil terbaik dan effisiensi, cleaning dan gauging menggunakan “super dry air” sebagai medium.

Konsultasi Gratis
HUBUNGI KAMI
Telp : +62 21 2974 7604
Mobile : +62 817-4931-099
Email : [email protected]

ALAMAT KANTOR
Ruko Dwijaya No. 3E
Jl. Dwijaya Raya, Gandaria Utara,
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
DKI Jakarta, INDONESIA

PT. Zain Prima Persada perusahaan kontraktor spesialis pemasangan pipeline jasa instalasi pipa gas dan air profesional untuk kebutuhan industri pabrik, restoran, hotel, rumah sakit.