Pipe Fitting (sambungan pipa) adalah sebuah benda yang dipergunakan untuk menyambung dua buah pipa atau lebih dan bisa berbentuk elbow, tee, reducer, flange, cap dan lain-lain. Dalam kesempatan kali ini yang saya bahas adalah mengenai fitting untuk pipa baja. Oleh karena itulah sambungan pipa atau fitting ini secara garis besar terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Welded Component, Welded component yaitu fitting yang disambung pada pipa dengan dengan cara di las (welding), sehingga sambungannya menjadi tetap dan tidak dapat dibuka. Fitting ini biasa digunakan pada main line pipe. fitting jenis ini ada 2 yaitu:
      • Butt Welded Component yaitu komponen perpipaan yang proses pengelasannya langsung pada butt dari pipa dan fitting.
      • Socket Weded Component yaitu fitting yang disambung dengan cara memasukkan socket fitting pada pipa kemudian dilakukan pengelasan pada bagian fillet dari pertemuan antara pipa dan fitting.
    butt welded fitting

    But Welded

    socket welded fitting

    Socket Welded

  2. Threaded Component yaitu fitting yang disambung pada pipa dengan cara diulir sehingga jika diperlukan suatu saat bisa dilepas. Dengan menggunakan fitting jenis ini pipa yang disambung dapat di buka kembali. Dan ini memudahkan untuk proses perbaikan atau maintenance. Fitting jenis ini biasa digunakan pada perpipaan mesin,compressor,pipa perhotelan dan lain-lain.

Jenis-jenis Pipe Fitting (sambungan pipa) yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Elbow
  2. Tee.
  3. Reducer.
  4. Flange
  5. Cap.

Klik tombol dibawah untuk mendownload dimensi fitting dan flange dibawah ini.

Download Dimensi Fitting Standar ANSI Download Dimensi Flange Standar ANSI