Makin Hemat Dengan Tenaga Panel Surya

Panel surya ialah alat yang mengubah cahaya menjadi listrik, alat tersebut terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik, Panel surya juga sering kali disebut dengan sel photovoltaic, atau bila di artikan adalah “cahaya listrik”.

Panel surya atau solar cell merupakan perangkat listrik yang mengubah energi dari cahaya menjadi listrik, fungsi sel surya adalah menangkap sinar matahari yang nantinya akan diubah menjadi tenaga listrik.

Cara kerja panel surya secara singkatnya adalah proses pengumpulan cahaya matahan, selain dikumpulkan, panas dari cahaya matahari digunakan untuk memanaskan cairan lalu uap yang dihasilkan oleh generator kemudian akan menghasilkan energi listrik.

Manfaat Panel Surya

Panel Surya ini tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan yang perlu anda ketahui, oleh karena itu Go Surya akan menjelaskan sedikit manfaat dari panel surya ini bagaimana, di bawah ini akan dijelaskan beberapa poin manfaat dari panel surya itu sendiri.

1. Hemat Bahan Bakar

Manfaat yang pertama menggunakan panel surya karena memanfaatkan sinar matahari jadi  sama sekali tidak menggunakan bahar bakar.

2. Individual

Pada poin kedua dari manfaat panel surya ialah Individual yang berarti berdiri sendiri, karena dapat di terapkan secara sentralisasi atau pembangkit listrik tenaga surya ditetapkan di suatu area dan dapat di distribusikan ketempat-tempat yang membutuhkan, jadi sistem tersebut tidak memerlukan jaringan distribusi

3. Dapat dipasang dimana saja

Manfaat dari panel surya yang ketiga ialah dapat dipasang dimana saja sesuai kebutuhan kita, jadi bisa dipindahkan sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Bersifat Moduler

Manfaat menggunakan panel surya selanjutnyta adalah bersifat moduler. Yang artinya kapasitas listrik yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan cara merangkai modul secara seri dan pararel.

 

Keunggulan Panel Surya

 

  1. Keunggulan menggunakan panel surya memanfaatkan energi matahari, dan matahari adalah sumber energi yang paling berlimpah di bumi.
  2. Panel surya termasuk ramah lingkungan karena tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya, seperti karbon dioksida. Panel surya juga tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim.
  3. Banyak negara di dunia menawarkan insentif yang menguntungkan bagi pemilik rumah yang menggunakan panel surya, termasuk di Indonesia melalui GoSurya.co.id
  4. Masa pakainya mencapai sekitar 20 tahun jadi tidak kehilangan banyak efisiensi dalam masa pakainya.
  5. Hemat energi, keunggulan menggunakan panel surya selanjutnya ialah anda bisa menghemat energi karena dengan masa pakainya mencapai 25-30 tahun kedepan.