Berdasarkan dari Bahan Bakar yang digunakan :

  • Genset Bensin

Sesuai dengan namanya pada genset jenis ini memanfaatkan bensin dalam proses pembakaran untuk mengaktifkan mesinnya. Cara kerja genset bensin diawali dengan proses pembakaran yang terjadi karena adanya listrik tegangan tinggi. Listrik tersebut membuat munculnya percikan api pada celah busi dan mengaktifkan mesin.

Keunggulan genset bensin adalah dari segi suara. Rendahnya sistem kompresi pada proses pembakaran membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih halus. Namun, untuk performa biasanya genset bensin memiliki Horse Power yang lebih besar namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Adapun kelemahan dari genset ini adalah penggunaan bahan bakar yang lebih boros, mudah overheat, daya tahan yang lebih rendah, kapasitas yang tidak terlalu besar dan perawatannya yang lebih susah.

Genset Bensin

  • Genset Diesel

Genset ini bekerja dengan cara memanfaatkan udara yang dikompresi untuk proses pembakaran solar. Genset jenis ini biasanya memiliki 2 sampai 16 silinder didalamnya.

keunggulan genset ini antara lain adalah besarnya torsi yang dihasilkan lebih besar dibanding genset berbahan bakar bensin. Tak hanya itu saja efisiensi soal pembakaran pun genset ini juga lebih baik. Tidak adanya busi pada bagian mesin pun membuat perawatannya menjadi lebih mudah dan bandel.

Meski punya banyak keunggulan, namun ada beberapa kelemahan genset diesel, antara lain adalah lebih berisik, harga yang lebih mahal dan gas pembuangan yang lebih banyak.

Genset Diesel

  • Genset BBG/LPG (Bahan Bakar Gas)

Bukan hanya kompor yang mengalami konversi menjadi berbahan bakar gas, belakangan genset BBG pun menjadi salah satu alternatif dibanding genset jenis lainnya.

Soal efisiensi pembakaran tentu generator yang sering disebut juga genset LPG ini jauh lebih unggul dibanding kedua jenis diatas. Namun sayangnya, keunggulan dalam efisiensi pembakaran tidak diimbanngi dengan output yang dihasilkan.

Selain itu, Genset ini juga memiliki sistem kerja yang sedikit berbeda dalam hal durasi. Jika pada kedua genset sebelumnya bekerja berdasarkan durasi penggunaan untuk mengetahui jumlah bahan bakar yang dibutuhkan.

Secara umum, Genset ini bekerja sesuai dengan tabung yang digunakan. semakin besar tabung LPG yang digunakan tentu durasi kerja juga lebih lama. Jika hanya butuh sesaat, LPG 3KG bisa menjadi solusi.

Genset BBG/LPG