Jasa kontraktor mekanikal profesional akan selalu memperhatikan APD yang wajib dikenakan oleh para pekerjanya. Berbagai macam alat pelindung diri di proyek konstruksi dan migas adalah sebagai berikut:

 

1. Alat Pelindung Kepala

Pelindung kepala / Safety Helmet berfungsi melindungi kepala dari benda keras, pukulan dan benturan, terjatuh dan terkena arus listrik. Helm pelindung harus terbuat dari bahan yang keras, cukup tebal dan terdapat tali pengikat helm.

2. Pelindung Muka dan Mata (Face Shield)

Face Shield berfungsi melindungi muka dan mata dari percikan benda – benda kecil, lemparan benda-benda panas, pengaruh cahaya, serta melindungi muka dari pengaruh radiasi tertentu. Selain face shield,APD lain bisa menggunakan kacamata/gogle untuk melindungi mata.

3. Pelindung Telinga

apd-pelindung-telinga-ear-plug-ear-muff

Untuk melindungi telinga dari suara yang terlalu bising digunakan 2 macam APD yaitu : a. Ear Plug(sumbat telinga), merupakan APD yang berfungsi melindungi telinga dari suara-suara yang terlalu bising. Bahan ini bisa terbuat dari karet, plastik keras, plastik yang lunak, lilin, dan kapas.Pada umumya jenis karet dan plastic lunak yang sering digunakan,karena bisa menyesuaikan dengan bentuk lobang telinga.  b. Ear Muff (tutup telinga), mempunyai fungsi yang sama dengan ear plug.Ear muff berbentuk seperti headset.

4. Pelindung Pernafasan

apd-pelindung-pernafasan-respirator

Masker Pernafasan digunakan pada saat fogging dan pekerjaan berdebu. Tujuan masker adalah mencegah masuknya debu dan udara kotor ke pernafasan. Umumnya masker yang digunakan berbahan kain, tapi jika memasuki area yang banyak mengandung debu partikel logam serta gas yang berbahaya harus menggunakan masker jenis repirator. Masker  Respirator , mempunyai fungsi yang sangat vital dalam menjaga udara yang masuk ke paru paru kita , banyak perusahaan menggagap remeh hal ini yang mengakibatkan timbulnya penyakit radang pernafasan dan bisa berakibat kematian.

7. Pelindung Tangan

Sarung Tangan berfungsi untuk melindungi keselamatan tangan dari benda panas,mengurangi cidera akibat benturan benda keras… Ada berbagai macam sarung tangan berdasarkan bahannya, yaitu: sarung tangan berbahan kulit untuk pekerjaan pengelasan, pemotongan, penyambungan tali baja, serta yang berkaitan dengan pekerjaan rigger. Sarung tangan berbahan vinyl untuk pekerjaan dengan zat kimia. Sarung tangan berbahan karet untuk pekerjaan listrik. Sarung tangan berbahan kain untuk pekerjaan ringan.

8. Pelindung Kaki

apd-sepatu-safety-proyek

Safety Boot (sepatu safety) untuk melindungi keselamatan kaki dari benturan benda keras serta mengurangi resiko dari tertimpa dan kejatuhan benda keras lainnya. Ada berbagai macam sepatu safety, yaitu: Safety shoes dengan bahan kulit untuk pekerjaan berat dan rawan benturan. Rubber boot dengan bahan karet untuk pekerjaan daerah basah. Electrical shoes dengan bahan karet untuk pekerjaan listrik.

9. Pelindung Badan

Ada 3 macam APD yang termasuk dalam alat pelindung badan,yaitu:

  1. Body Harness adalah alat pelindung diri yang wajib digunakan untuk pekerjaan pada ketinggian di atas 1,5 m. Tujuannya adalah melindungi diri dari kemungkinan jatuh atau terpeleset.
  2. Rompi digunakan untuk melindungi badan. Selain itu, garis yang ada di rompi schotlite juga merupakan tanda supaya pekerja terlihat di kondisi ruangan yang minim cahaya.
  3. Pelampung Jika seorang pekerja konstruksi melakukan pekerjaan di sekitar perairan dalam atau di atas air laut,pelampung merupakan APD yang harus dipakai. Pelampung berfungsi melindungi  pengguna yang bekerja di atas air atau dipermukaan air agar terhindar dari bahaya tenggelam dan atau mengatur keterapungan (buoyancy) pengguna agar tidak berada pada posisi  tenggelam (negative buoyant) atau melayang (neutral buoyant) di dalam air.