Kontraktor Terbaik Jakarta — Jasa kontraktor bangunan memang memiliki keunggulan dibanding borongan. Dengan paket jasa ini, Anda akan mendapatkan pelayanan membuat bangunan yang selesai tepat waktu, rapih, dan terstruktur. Jasa kontraktor bangunan juga relatif tidak butuh pengawasan, amat cocok bagi Anda para pelaku bisnis urban yang mengidamkan hunian indah tanpa harus bolak-balik memantau.

Sayangnya, tidak semua jasa kontraktor bisa dipercaya. Bahkan Anda bisa saja menghabiskan banyak waktu untuk menyeleksi kontraktor yang tepat. Bagaimana agar Anda tidak akan salah pilih kontraktor kepercayaan? Simak tipsnya di bawah ini.

 

  1. Perhatikan Dokumen Kontrak yang Resmi

Seakrab apa pun diri Anda dengan sang pemilik jasa kontraktor, jangan percaya pada penyedia jasa yang menolak kontrak resmi untuk mengikat kerja sama Anda berdua. Malah, percayailah 100% pihak kontraktor yang langsung menyodorkan kontrak tersedia ketika Anda mulai menunjukkan persetujuan.

Kontrak ini penting sebab memuat haris besar kapan pembangunan dimulai, dateline, rincian anggaran biaya, material, serta skema pembayaran. Perusahaan jasa kontraktor yang menghindari kontrak sebisa mungkin, amat patut dicurigai.

 

  1. Pastikan Kontraktor Berbadan Hukum

Kontraktor yang terpercaya dan ideal memiliki badan hukum, surat-surat penanda izin operasi resmi, lokasi kantor dan cara kerja yang jelas. Ini penting agar jika kontraktor Anda terbuti wanprestasi, Anda bisa mengajukan somasi dengan koridor hukum yang ada.

Selain itu, menyewa jasa kontraktor yang berbadan hukum artinya Anda memperoleh jaminan dari negara jika sesuatu menimpa hunian Anda. Sebagai nilai plus, kontraktor yang berbadan hukum juga biasa mau menawarkan garansi bila terjadi sesuatu pada hunian Anda di masa depan.

 

  1. Dengarkan Rekomendasi

Online maupun oleh kawan terdekat, jangan remehkan rekomendasi. Pelanggan yang puas cenderung akan menyebarkan pengalaman mereka agar Anda memperoleh kenyamanan yang sama. Sehingga jika Anda ingin membuat sebuah hunian tapi bingung hendak memulai jasa kontraktor terpercaya, dengarkan mereka baik-baik.

 

  1. Uji Si Penyedia Jasa Kontraktor dengan Pertanyaan-Pertanyaan Sederhana

Seluwes apa pun pihak penyedia jasa kontraktor bagi Anda, penting untuk menguji kompetensi mereka dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana.

Misalnya, apa badan hukum yang menjadi sandaran mereka? Apa garansi keselamatannya jika ada yang tak diharapkan terjadi kepada para mandor atau tukang? Apa kelebihan mereka dbanding kontraktor lain di kota yang sama? Bagaimana jalannya komunikasi dan apa alasan estimasi penyelesaian project mereka sedemikian?

Tergantung bagaimana mereka menjawab, Anda bisa mengukur kompetensinya dan berpikir ulang akan menggunakan jasa kontraktor tersebut atau tidak.

  1. Kenali Spesialisasi

Atas alasan pembajakan atau copyright, memang tidak disarankankan untuk menunjukkan keseluruhan skema proyek. Akan tetapi, Anda tetap harus tahu spesialisasi seorang kontraktor. Ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam proses memilih kontraktor yang tepat. Bila Anda mempercayai kontraktor dengan spesialisasi yang salah, ada risiko fungsi proyek Anda jadi kurang maksimal.

Beberapa kontraktot terkenal pro dalam menggarap proyek minimalis. Ada juga yang selalu berhasil mewujudkan hunian skandinavian yang memang cocok untuk situasi di Indonesia. Anda tinggal menyesuaikan dengan preferensi Anda.

 

  1. Teliti Lihat Rincian Harga

Kontraktor yang terpercaya  bisa ditandai dari bagaimana merumuskan rincian biaya yang diperlukan untuk pembangunan. Ini karena pengalaman dan jam terbang yang sudah banyak membuat mereka cepat merumuskan perkiraan  kasar secara menyeluruh.

Mereka juga tahu trik-trik yang paling cost-efficient tapi membawa hasil yang tetap optimal. Pastikan rujukan biaya ini sudah di tangan, lalu pelajari dengan baik.

Hanya dengan cara itulah Anda dapat memiliki kontrol penuh akan biaya yang harus Anda anggarkan. Sebetapapun Anda percaya pada kontraktor, Anda masih harus memiliki kendali. Transparansi semacam ini akan memotong adanya kemungkinan biaya tidak terduga ditengah-tengah proses pengerjaan.

  1. Cek Proses Dan Hasil Kerja Sebelumnya

Anda wajib mengecek portofolio alias rincian kinerja proyek sebelumnya dari seorang kontraktor.  Mengenali proses dan hasil kerja nyata mereka sebelumnya akan sangat membantu untuk menentukan apakah kontraktor tersebut patut dipercaya.